PUISI
A. Definisi Puisi
Puisi merupakan bentuk karya sastra yang terikat oleh rima, ritme,
ataupun jumlah baris dalam bait, serta ditandai oleh bahasa yang padat
B. Unsur intrinsik puisi
Unsur intrinsik puisi meliputi unsur isi dan unsur bentuk
Unsur isi puisi
1. Tema : pokok pikiran puisi
2. Amanat : pesan yang ingin disampaikan oleh penulis
3. Nada : sikap penyair terhadap pembaca dalam puisi
4. Perasaan : perasaan penyair dalam puisi
Unsur bentuk puisi
1. Larik : kalimat yang ada dalam puisi
2. Bait : kumpulan larik atau baris
3. Pertautan antar bait : hunbungan antar bait
4. Rima : persamaan bunyi
5. Diksi : pilihan kata
Berdasarkan zamannya, puisi bisa dibedakan menjadi puisi lama, puisi
baru, dan puisi kontemporer. Hampir semua puisi lama dibuat dengan
sangat terikat pada aturan-aturan yang meliputi: 1) jumlah kata dalam 1
baris, 2) jumlah baris dalam 1 bait, 3) persajakan (rima), 4) banyak
suku kata tiap baris, dan 5) irama (ritma).
C. Puisi Lama
1. Mantra
Mantra adalah merupakan puisi tua, keberadaannya dalam masyarakat Melayu
pada mulanya bukan sebagai karya sastra, melainkan lebih banyak
berkaitan dengan adat dan kepercayaan.
Contoh:
Assalammu’alaikum putri satulung besar
Yang beralun berilir simayang
Mari kecil, kemari
Aku menyanggul rambutmu
Aku membawa sadap gading
Akan membasuh mukamu
2. Bidal
Bidal adalah bahasa berkias untuk mengungkapkan perasaan yang
sehalus-halusnya, hingga orang lain yang mendengarkan harus mendalami
dan meresapi arti serta maksud dalam hatinya sendiri, biasanya berisi
nasihat, sindiran, peringatan, dan sebagainya. Menurut penggunaannya
bidal bisa diklasifikasikan menjadi beberapa macam, yaitu:
a Pepatah, adalah kiasan tepat yang berupa kalimat sempurna dan pendek,
pada mulanya dimaksudkan untuk mematahkan pembicaraan orang lain.
Contoh:
– Buruk muka cermin dibelah.
– Anjing menyalak takkan menggigit.
– Besar bungkus tak berisi.
b Perumpamaan, adalah majas yang berupa perbandingan dua hal yang pada
hakikat berbeda, tetapi sengaja dianggap sama (secara eksplisit
dinyatakan dengan kata-kata pembanding umpama, bak, bagai, seperti,
ibarat, dsb). Contoh:
– Soraknya seperti gunung runtuh.
– Wajahnya laksana bulan kesiangan.
– Seperti mendapat durian runtuh.
c Ibarat, adalah perbandingan dengnan seterang-terangnya dengan keadaan
alam sekitarnya, yang mengandung sifat puisi di dalamnya. Contoh:
– Hendaklah seperti tembikar, pecah satu pecah semua.
– Ibarat bunga, segar dipakai layu dibuang.
– Bagai anak ayam kehilangan induk, selalu saja dalam kebingungan.
d Amsal, adalah kalimat pendek untuk mengajarkan suatu kebenaran.
Contoh:
– Biar badan penat, asal hati suka.
– Boleh dipelajari, jangan diikuti (untuk sesuatu yang jelek).
e Tamsil, adalah kiasan pendek yang bersajak dan berirama, seperti
pantun kilat atau karmina. Contoh:
– Ada ubi ada talas, ada budi ada balas.
– Tua-tua keladi, makin tua makin menjadi.
– Dekat kabut mata tertutup, dekat maut maaf tertutup.
f Pemeo, adalah kata-kata atau kalimat-kalimat singkat baik yang
mengandung ejekan atau semangat, yang ditiru dari ucapan seseorang, dan
kemudian sering diucapkan atau dipakai dalam masyarakat. Contoh:
– Sekali merdeka, tetap merdeka!
– Maju terus, pantang mundur!
– Rawe-rawe rantas, malang-malang putung!
3. Pantun. Pantun adalah puisi Melayu asli yang cukup mengakar dan
membudaya dalam masyarakat.
Ciri – ciri Pantun :
a Setiap bait terdiri 4 baris
b Baris 1 dan 2 sebagai sampiran
c Baris 3 dan 4 merupakan isi
d Bersajak a – b – a – b
e Setiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata
f Berasal dari Melayu (Indonesia)
Contoh :
Ada pepaya ada mentimun (a)
Ada mangga ada salak (b)
Daripada duduk melamun (a)
Mari kita membaca sajak (b)
a. Macam-macam Pantun dilihat dari Bentuknya
Pantun Biasa, pantun biasa sering juga disebut pantun saja.
Contoh :
Kalau ada jarum patah
Jangan dimasukkan ke dalam peti
Kalau ada kataku yang salah
Jangan dimasukan ke dalam hati
Seloka (Pantun Berkait), Seloka adalah pantun berkait yang tidak
cukup dengan satu bait saja sebab pantun berkait merupakan jalinan atas
beberapa bait.
Ciri-ciri Seloka:
– Baris kedua dan keempat pada bait pertama dipakai sebagai baris
pertama dan ketiga bait kedua.
– Baris kedua dan keempat pada bait kedua dipakai sebagai baris pertama
dan ketiga bait ketiga dan seterusnya
Contoh Seloka:
Lurus jalan ke Payakumbuh,
Kayu jati bertimbal jalan
Di mana hati tak kan rusuh,
Ibu mati bapak berjalan
Kayu jati bertimbal jalan,
Turun angin patahlah dahan
Ibu mati bapak berjalan,
Ke mana untung diserahkan
Talibun, Talibun adalah pantun jumlah barisnya lebih dari empat
baris, tetapi harus genap misalnya 6, 8, 10 dan seterusnya. Jika satu
bait berisi enam baris, susunannya tiga sampiran dan tiga isi. Jika
satiu bait berisi delapan baris, susunannya empat sampiran dan empat
isi. Jadi apabila enam baris sajaknya a – b – c – a – b – c. Dan bila
terdiri dari delapan baris, sajaknya a – b – c – d – a – b – c – d
Contoh Talibun:
Kalau anak pergi ke pekan
Yu beli belanak pun beli
Ikan panjang beli dahulu
Kalau anak pergi berjalan
Ibu cari sanak pun cari
Induk semang cari dahulu
Pantun kilat ( karmina ) Pantun ini disebut juga pantun dua
seuntai. Pantun kilat atau karmina atau pantun dua seuntai adalah pantun
yang hanya terdiri atas dua larik, yaitu larik pertama sebagai sampiran
dan larik kedua isinya. Sebenarnya berasal dari empat larik, yang tiap
larik bersuku kata empat atau lima, lalu kedua larik itu diucapkan
seolah-olah sebuah kalimat.
Ciri-ciri Karmina :
– Setiap bait terdiri dari 2 baris
– baris pertama merupakan sampiran
– Baris kedua merupakan isi
– Bersajak a – a
– Setiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata
Contoh :
Pisang kepok
pisang berbiji,
Anak mondok,
diambil istri.
Lalu dijadikan:
Pisang kepok, pisang berbiji
Anak mondok, diambil istri
b. Macam-macam Pantun Dilihat dari Isinya
Pantun anak-anak
Contoh :
Elok rupanya si kumbang jati
Dibawa itik pulang petang
Tidak terkata besar hati
Melihat ibu sudah datang
Pantun orang muda
Contoh :
Tanam melati di rama-rama
Ubur-ubur sampingan dua
Sehidup semati kita bersama
Satu kubur kelak berdua
Pantun Orang Tua
Contoh :
Asam kandis asam gelugur
Kedua asam riang-riang
Menangis mayat di pintu kubur
Teringat badan tidak sembahyang
Pantun Jenaka
Contoh :
Elok rupanya pohon belimbing
Tumbuh dekat pohon mangga
Elok rupanya berbini sumbing
Biar marah tertawa juga
Pantun Teka-Teki
Contoh :
Kalau puan, puan cemara
Ambil gelas di dalam peti
Kalau tuan bijak laksana
Binatang apa tanduk di kaki
Jalan-jalan ke Pasar Batu
Jika buntu jalan ke desa
Jika tuan cerdik waskita
bunga apa tak pernah layu
4. Gurindam. Gurindam adalah puisi lama yang berasal dari Tamil
(India)
Ciri-ciri Gurindam:
a Tiap bait terdiri daari dua baris/larik
b Sajak akhir berirama a – a ; b – b; c – c dst.
c Hubungan baris pertama dan kedua membentuk hubungan sebab akibat
d Isinya merupakan nasihat yang cukup jelas yakni menjelaskan atau
menampilkan suatu sebab akibat.
Contoh :
Kurang pikir kurang siasat (a)
Tentu dirimu akan tersesat (a)
Barang siapa tinggalkan sembahyang ( b )
Bagai rumah tiada bertiang ( b )
Jika suami tiada berhati lurus ( c )
Istri pun kelak menjadi kurus ( c )
5. Syair, Syair adalah puisi lama yang berasal dari Arab.
Ciri – ciri Syair :
a Setiap bait terdiri dari 4 baris
b Setiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata
c Bersajak a – a – a – a
d Isi semua tidak ada sampiran
e Berasal dari Arab
Contoh :
Pada zaman dahulu kala (a)
Tersebutlah sebuah cerita (a)
Sebuah negeri yang aman sentosa (a)
Dipimpin sang raja nan bijaksana (a)
Negeri bernama Pasir Luhur (a)
Tanahnya luas lagi subur (a)
Rakyat teratur hidupnya makmur (a)
Rukun raharja tiada terukur (a)
Raja bernama Darmalaksana (a)
Tampan rupawan elok parasnya (a)
Adil dan jujur penuh wibawa (a)
Gagah perkasa tiada tandingnya (a)
6. Kit’ah Adalah puisi arab yang berisi nasihat – nasihat
7. Gazal Adalah puisi arab yang berisi cinta kasih
8. Nazam Puisi arab yang berisi cerita hamba sahaya, raja, sultan,
pangeran atau bangsawan istana
9. Ruba’i adalah puisi arab yang berkaitan dengan nasihat
10. Masnawi adalah puisi arab yang berisi puji-pujian tentang tingkah
laku seseorang yang mulia
D. Puisi Baru adalah puisi yang sudah mulai meninggalkan aturan-aturan
penulisan seperti pada puisi lama. Hanya saja dalam puisi baru masih
memperhatikan jumlah baris dalam tiap baitnya
1. Jenis puisi baru berdasarkan bait, irama, rima
Puisi baru Indonesia lahir tahun dua puluhan oleh para pujangga Angkatan
pra-Pujangga Baru, antara lain, Muhammad Yamin dan Rustam Effendi.
Puisi baru bebas rima dan irama, tetapi jumlah larik tiap bait masih
diperhatikan. Puisi ini hanya terikat oleh jumlah larik tiap bait.
Jenis puisi baru Indonesia, antara lain:
a Distikon, adalah puisi yang tiap baitnya terdiri atas dua baris (puisi
dua seuntai). Contoh:
Hang Tuah
Bayu berpuput alam bergulung
Bayu berebut buih dibubung
Selat Malaka ombaknya memecah
Pukul memukul belah membelah
Bahtera ditepuk butiran dilanda
Penjajab dihantuk halauan ditunda
Oleh Amir Hamzah
b Tersina, adalah puisi yang tiap baitnya terdiri atas tiga baris
(puisi tiga seuntai). Contoh:
Cinta
Dalam ribuan pagi bahagia datang
Tersenyum bagai kencana
Bersinar bagai cendana
Dalam bahagia cinta tiba melayang
Bersinar bagai matahari
Mengwarna bagai sari
Oleh Sanusi Pane
c Kuatren adalah puisi yang tiap baitnya terdiri atas empat baris (puisi
empat seuntai).
Contoh:
Sebab Dikau
Kasih kuhidup sebab dikau
Segala kuntum mengoyak kepak
Membunga cinta dalam hatiku
Mewangi sari dalam jantungku
….
Oleh Amir Hamzah
d Kuint, adalah puisi yang tiap baitnya terdiri atas lima baris (puisi
lima seuntai).
Contoh:
Satu-satu perasaan
Yang saya rasakan
Hanya dapat saya katakan
Kepada tuan
Yang pernah merasakan
(Or Mandank)
e Sektet, adalah puisi yang tiap baitnya terdiri atas enam baris
(puisi enam seuntai). Contoh:
Di kelam hitam mengepung
Menjerit peluit kereta malam
Merintih ke langit
Derita hidup mengepung
Menjerit bangsaku sedang berjuang
Merintih ke langit
(Nursyamsu)
f Septime, adalah puisi yang tiap baitnya terdiri atas tujuh baris
(tujuh seuntai).
Contoh:
Duduk di pantai tanah yang permai
Tempat gelombang pecah berderai
Berbuih putih di pasir terderai
Tampaklah pulaudi lautan hijau
Gunung-gemunung bagus rupanya
Dilimpahi air mulia tampaknya
Tumpah darahku Indonesia namanya.
(Muh. Yamin)
g Stanza / Oktava, adalah puisi yang tiap baitnya terdiri atas delapan
baris (double kutrain atau puisi delapan seuntai).
Contoh:
Awan datang melayang perlahan
Serasa bermimpi, serasa berangan
Bertambah lama, lupa sendiri
Bertambah halus, akhirnya seri
Dan bentuk menjadi hilang
Dalam langit biru gemilang
Demikian jiwaku lenyap sekarang
Dalam kehidupaan teduh tenang.
(Sanusi Pane)
h Soneta, adalah puisi yang terdiri atas empat belas baris yang
terbagi menjadi dua, dua bait pertama masing-masing empat baris dan dua
bait kedua masing-masing tiga baris. Soneta berasal dari kata sonneto
(Itali) perubahan dari kata sono yang berarti suara. Jadi dapat
dikatakan bahwa soneta adalah puisi yang bersuara. Di Indonesia soneta
masuk dari negeri Belanda diperkenalkan oleh Muh. Yamin dan Roestam
Effendi, karena itulah mereka berdualah yang dianggap sebagai
”Pelopor/Bapak Soneta Indonesia”. Bentuk soneta Indonesia tidak lagi
tunduk pada syarat-syarat soneta Italia atau Inggris, tetapi lebih
mempunyai kebebasan dalam segi isi maupun rimanya. Yang menjadi pegangan
adalah jumlah barisnya (empat belas baris).
Soneta (dari Itali), syarat-syaratnya sebagai berikut.
– Terdiri 14 baris, terbagi atas dua kuatren (oktaf) dan dua tersina
(sekstet).
– Oktaf (8 baris I) melukiskan alam (sampiran), sekstet (6 baris ke II)
kesimpulan dari apa yang dikiaskan pada oktaf.
– Peralihan dari oktaf ke sekstet disebut volta.
– Rima akhirnya: a b b a (kuatren I); a b b a (kuatren II); a d c
(tersina I); d c d (tersina II)
Soneta Inggris (soneta Shakespeare) syarat-syaratnya sebagai berikut.
– terdiri atas tiga kuatren dan satu distikon.
– Inti sarinya terkandung dalam distikon yang disebut cauda/koda (ekor).
Rumus akhirnya:a b a b / c d c d / e f e f / g g.
Contoh:
Gita Gembala
Lemah gemulai lembut derana
Bertiuplah angin sepantun rebut
Menuju gunung arah ke sana
Membawa awan bercampur kabut
Dahan bergoyang sambut menyambut
Menjatuhkan embun jernih warnanya
Menimpa bumi beruap dan lembut
Sebagai benda tiada berguna
Jauh di sana diliputi awan
Terdengar olehku bunyi nan rawan
Seperti permata di dada perawan
Alangkah berahi rasanya jantung
Mendengarkan bunyi suara kelintung
Melagukan gembala membawa untung
(Muh. Yamin)
i Sanjak Bebas, adalah suatu bentuk sanjak yang tidak dapat diberi
nama dengan nama-nama yang sudah tertentu baik dalam puisi lama maupun
puisi baru. Yang dipentingkan dalam jenis ini adalah kandungan isi bukan
bentuk. Kandungan isi dimaksudkan sebagai ekspresi bebas dari jiwanya,
dari pengungkapan rasa pribadinya. kalau perlu bahasa pun dapat tunduk
kepada isinya. Sanjak-sanjak ini merupakan salah ciri angkatan 45,
sebuah salah satu perwujudan dari gelora jiwanya.
Contoh:
Aku
Kalau sampai waktuku
’Ku mau tak seorang ’kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri
Dan aku akan lebih tidak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi
Sanjak karya Chairil Anwar di atas menggambarkan pemberontakan jiwanya,
semangat hidupnya yang menuntut kebebasan.
2. Jenis Puisi baru berdasarkan isinya dibagi sebagai berikut:
a Balada. Balada adalah puisi yang berisi kisah cerita.
b Romance.Romance ialah puisi yang berisi luapan perasaan kasih sayang
terhadap kekasihnya.
c Elegi. Elegi ialah sajak atau puisi bersedih-sedih, suara sukma yang
meratap-ratap, batin yang merintih.
d Ode. Ode ialah sajak yang berisi pujian dan sanjungan terhadap
seseorang yang besar jasanya dalam masyarakat, seseorang yang dianggap
pahlawan bangsa karena darma baktinya kepada nusa dan bangsa.
e Himne. Himne ialah sajak pujian kepada Tuhan atau sajak keagamaan.
f Epigram. Epigram ialah sajak yang berisi ajaran hidup, semangat
perjuangan.
g Satire. Satire ialah sajak yang berisi kritik atau sindiran yang pedas
atau kepincangan-kepincangan yang terlihat dalam masyarakat
E. Puisi Kontemporer
Puisi Kontemporer adalah puisi yang sudah tidak menggunakan kaidah
penulisan puisi pada umumnya, puisi kontemporer sudah jauh lebih bebas
dari segala aturan seperti yang ada pada puisi lama dan bahkan puisi
baru. Puisi kontemporer biasanya mengutamakan isi daripada bentuknya.
Misalnya, rima, irama dan yang lainnya, tidak lagi terlalu diperhatikan
dalam penyusunan puisi kontemporer.
Puisi kontemporer adalah bentuk puisi kekinian. Puisi tidak lagi
dipandang sebagai karya sastra yang terikat oleh bentuk dan rima, tetapi
sebuah puisi diciptakan untuk menyampaikan gagasan. Chairil Anwar
dipandang sebagai pelopor revolusi bentuk puisi. Baginya bentuk puisi
itu tidak penting. Yang penting adalah ujud pengucapan bantin.
Sebenarnya puisi-puisi Chairil Anwar pun sudah dapat dikatakan sebagai
puisi kontemporer karena bentuk fisik puisinya menjadi contoh
penyair-penyair berikutnya, bahkan sampai sekarang. Namun, istilah
kontemporer sendiri mulai poluper pada era 70-an. Sutardji Calzoum
Bahcri sebagai pelopornya.
Sutarji Calzoum Bachri menulis puisi menempatkan bentuk fisik puisi
dalam kedudukan yang terpenting. Pengulangan kata dan bunyi adalah
kekuatan puisinya. Sutardji ingin mengembalikan puisi pada pada
hakikatnya, yaitu sebagai doa. Bentuk doa selalu ada persamaan ritma
layaknya sebuah mantra.
Puisi Kontemporer lebih mengutamakan unsur fisiknya karena lebih
mementingkan tipografi dengan gambar atau bentuk grafisnya (Waluy, 1995:
5-22). Sutardji Calzum Bachri dianggap sebagai pembaharu dunia puisi
Indonesia dan termasuk pelopor puisi Kontemporer. Sutardji mementingkan
bentuk fisik (bunyi). Ulangan kata, frasa,dan bunyi menjadi kekuatan
puisinya.
Meskipun puisi kontemporer telah bebas dari segala aturan seperti yang
mengikat pada puisi lama dan bahkan puisi baru, tetapi ia tetap
berbentuk puisi yang memiliki perbedaan dengan karya sastra yang lain.
Karya sastra puisi tetap menggunakan bahasa yang singkat dan padat.
Pemilihan kata atau diksi dalam puisi juga harus sangat selektif dan
ketat. Kehadiran kata-kata dan ungkapan dalam puisi harus diperhitungkan
dari berbagai segi, seperti makna, kekuatan citraan, dan jangkauan
simboliknya.
Puisi kontemporer bisa dibedakan menjadi beberapa ragam sebagai berikut:
1. Puisi Tanpa Kata, yaitu puisi yang sama sekali tidak menggunakan kata
sebagai alat ekspresinya. Sebagai gantinya di gunakan titik-titik,
garis, huruf, atau simbol-simbol lain.
2. Puisi Mini Kata, yaitu puisi kontemporer yang menggunakan kata dalam
jumlah yang sangat sedikit, dilengkapi dengan symbol lain yang berupa
huruf, garis, titik, atau tanda baca lain.
3. Puisi Multi Lingual, yaitu puisi kontemporer yang menggunakan kata
atau kalimat dari berbagai bahasa, baik bahasa daerah maupun bahasa
asing.
4. Puisi Tipografi, yaitu puisi kontemporer yang memandang bentuk atau
wujud fisik puisi mampu memperkuat ekspresi puisi. Bahkan wujud fisik
puisi dipandangg sebagai salahh satu unsure puisi, sebagai suatu tanda
yang memiliki makna tertentu, yang tidak terlepas dari keseluruhan makna
puisi.
5. Puisi Supra Kata, yaitu puisi kontemporer yang menggunakan kata-kata
konvensional yang dijungkir-balikkan atau penciptaan kata-kata baru yang
belum pernah ada dalam kosakata bahasa Indonesia. Puisi macam ini lebih
mementingkan aspek bunyi dan ritme, sehingga merangsang timbulnya
suasana magis (cenderung sebagai puisi mantra).
6. Puisi Idiom Baru. Puisi ini dibedakan dengan puisi konvensional
terutama oleh penggunaan idiom-idiom baru yang terdapat didalamnya.
Puisi idiom baru tetap menggunakan kata sebagai alat ekspresinya, tetapi
kata tersebut dibentuk dan diungkapkan dengan cara baru, diberi nyawa
baru. Digunakan idiom-idiom baru yang belum pernah dijumpai sebelumnya.
7. Puisi Mbeling. Puisi ini pada umumnya mengandung unsur humor,
bercorak kelakar. Dalam puisi ini sering terdapat unsure kritik,
terutama kritik sosial. Puisi mbeling tidak meng’haram’kan penggunaan
suatu kata. Semua kata mempunyai hak yang sama dalam penulisan puisi
ini.
Contoh puisi kontemporer karya Sutardji
Tradi Winka dan Sihka
kawin
kawin
kawin
kawin
kawin
ka
win
ka
win
ka
win
ka
win
ka
win
winka
winka
winka
sihka
sihka
sihka
sih
ka
sih
ka
sih
ka
sih
ka
sih
ka
sih
sih
sih
sih
sih
sih
ka
sih
ku
Dalam puisi di atas bentuk grafis sangat dipentingkan penyair, bukan
hanya penyair menulis dengan bentuk zigzag, tapi juga penyair ingin
menyampaikan gagasan lewat pengulangan kata yang dibolak-balik. Di
sinilah kenapa Sutardji dipandang sebagai bapak pembaharu puisi
kontemporer karena dia sudah berani mengobok-obok bentuk puisi lama yang
dalam penyampaianya selalu dalam bentuk bait empat baris.Dalam bentuk
fisik puisi yang tidak biasa itu Sutardji menyampaikan gagasan lewat
kata yang sederhana menjadi sangat rumit dan bermakna. Kata yang ditulis
hanya kawin dan kasih. Namun, di tangan Sutardji kedua kata itu menjadi
kata yang luar biasa yang mempunyai makna tersembuyi di balik bentuk
zigzag dan bolak-balik kata. Tanpa membuat kata tersebut kehilangan
makna.
Contoh lain sajak kontemporer yang mementingkan bentuk fisik adalah
karya Ibrahim Sattah
Firman
: Kun
(buat tanda salib)
Adalah malaikat yang dekat denganMu yang duduk dalam
halaMu yang senantiasa sujud yang senantiasa kabut telah lebih dulu raga
tatkala berkabar Engkau kepadanya.
dan
Allah tiada Tuhan selain Dia
dan
Adam yang tak sedap diam
dan
iblis
mematahkan alif
dan
pohon tegahan
membuahkan
firman
dan
angin
dan
api
dan
debu
dan
air
mengalir
dari sabda-Nya
dan
sihir
Yang meniup dengan ludah
Di bumi ini pun
hadir
: Aku mengetahui apa yang kamu tidak
ketahui
Tuhankuberikan padaku
Firman
Itu
1974
Contoh puisi kontemporer:
Amuk
Ngiau! Kucing dalam darah dia menderas
Lewat dia mengalir ngilu ngiau dia ber
Gegas lewat dalam aortaku dalam rimba
Darahku dia besar dia bukan harimau bu
Kan singa bukan hiena bukan leopar dia
Macam kucing bukan kucing tapi kucing
Ngiau dia lapar dia menambah rimba af
Rikaku dengan cakarnya dengan amuknya
Dia meraung dia mengerang dangan beri
Daging dia tak mau daging jesus dangan
Beri roti dia tak mau ngiau.
contoh di atas adalah bentuk puisi kontemporer yang sampai sekarang
banyak ditiru oleh penyair-penyair muda yang berbakat. Jika puisi lama
lebih lebih menunjukan kesimbangan peranan bentuk fisik yang ditonjolkan
pada rima, dengan bentuk batin, puisi baru lebih menonjolkan bentuk
batin dan gagasan, sedangkan puisi kontemporer lebih menonjolkan
struktur fisik dalam menyampaikan gagasan.
F. Menganalisis Puisi
1. Menyebutkan tema puisi
Tema puisi adalah dasar, jiwa, atau isu utama yang menjadi pijakan
terciptanya puisi. Tema puisi merupakan salah satu unsur intrinsik
puisi. Unsur intrinsik puisi adalah unsur-unsur yang ada dalam puisi,
baik tersurat maupun tersirat. Unsur-unsur tersebut, antara lain,tema,
diksi, rima, makna, dan amanat. Untuk memahami tema puisi, Anda harus
memahami unsur-unsur intrinsik puisi tersebut. Cobalah pahami puisi
berikut!
Bungaku Bersemi
Karya: Ach. Makmun Baqir
Bungaku kini bersemi
setelah sewindu terkurung
di lembah sunyi.
Dedaunan yang berguguran
reranting yang dahulu kering
kini telah biru kembali
membentuk singgasana
di tengah pusaran angin.
Tiada sia-sia kiranya
kusirami taman
di kala kemarau murka.
Bungaku kembali bersemi
hatiku kini bersemi.
2. Menjelaskan makna puisi
Makna puisi adalah arti atau maksud atau isi yang terkandung dalam puisi
yang dapat ditangkap oleh pembaca sesuai tingkat pengalaman dan
pengetahuannya. Oleh karena itu, makna puisi akan berbeda-beda manakala
penafsirnya tidak sama. Bahkan, bukan tidak mungkin akan bertolak
belakang. Dalam penafsiran, pasti akan ada unsur subjektivitas.
Kedewasaan, kemantapan pengalaman, dan pengetahuan penafsir akan
menentukan mutu rumusan makna puisi. Dengan demikian, hanya penyairnya
yang tahu makna persis puisi tersebut.
Beberapa hal yang berkaitan dengan apresiasi puisi adalah pemahaman
terhadap unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik puisi meliputi
tema, diksi, bait/larik, rima, makna, amanat. Adapun unsur ekstrinsiknya
adalah latar belakang penulis, keadaan masyarakat pada saat puisi
tersebut digubah, sosial, politik, adat, dan sebagainya. Untuk lebih
meningkatkan daya apresiasi Anda terhadap puisi, cobalah pahami makna
puisi berjudul ”Bungaku Bersemi”
G. Membaca pusi
Membaca puisi merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk
mengapresiasi atau menghargai, menghayati, dan menikmatinya. Dalam
pembacaan puisi perlu diperhatikan lafal, tekanan/stres, intonasi,
volume suara, dan penampilan/performa yang mencakup gaya dan sikap
(untuk pembacaan yang disaksikan langsung atau di atas panggung).
a Lafal adalah cara seseorang mengucapkan atau menuturkan bunyi bahasa.
Jika lafal seseorang baik, aka bunyi bahasa yang diucapkannya akan mudah
dan jelas ditangkap oleh pendengar.
b Tekanan/stres/aksen adalah keras lembutnya pengucapan kata, kalimat,
atau baris dalam puisi. Maksud adanya aksentuasi adalah untuk menegaskan
bagian-bagian yang dirasa lebih penting daripada bagian lain.
c Intonasi atau lagu kalimat adalah ketepatan tinggi rendah nada dalam
pembacaan puisi sehingga suara pembaca tidak monoton tetapi berirama.
Intonasi sebenarnya merupakan gabungan dari berbagai unsur, di antaranya
nada, tempo, irama/ritme, tekanan, dan volume suara.
dapat pula mengunjungi
http://sugikmaut.blog.com/?p=25
http://www.scribd.com/lelosrh/d/19174256-PUISI